gravatar

APA ITU “PAYPAL” ?

E-Commerce merupakan proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet. E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, atau antara perusahaan dengan pelanggan (customer), maupun antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan publik. Secara garis besar metode pembayaran yang dilakukan oleh e-commerce terbagi menjadi dua, yaitu pembayaran secara offline dan pembayaran secara online.



A.   Pembayaran Offline
 Pembayaran yang dilakukan secara offline pada e-commerce adalah pembayaran langsung di toko.

B.   Pembayaran Online
Pembayaran yang dilakukan secara online pada e-commerce  dapat dibedakan menjadi 4 yaitu e-banking, setoran tunai, paypal dan transfer via ATM. Ketika kita menjalankan bisnis secara online, kita membutuhkan metode pembayaran untuk memproses pemindahan uang dari pembeli ke penjual. bisnis secara online tidak dilakukan secara langsung (tatap muka) namun menggunakan media perantara, misalnya internet. Pembeli memilih barang atau jasa yang ditawarkan melalui website kemudian membayar dan pada akhirnya menerima barang atau jasa yang telah ia bayarkan.
Salah satu kendala yang dihadapi pada bisnis online adalah keterbatasan waktu dan tempat, artinya pembeli dan penjual sangat kecil kemungkinan untuk bertemu secara langsung bahkan bisa saja tidak harus bertemu. 

Salah satu pembayaran e-commerce secara online adalah Paypal , PayPal adalah salah satu alat transaksi pembayaran secara online (Payment Processors) yang paling sering digunakan dan paling popular di seluruh dunia yang dimiliki oleh eBay yang merupakan sistem pembayaran e-commerce berbasis internet pertama  yang benar-benar sukses.

PayPal memperoleh pendapatan dengan mengumpulkan bunga yang diperoleh dari dana konsumen yang belum ditransfer dari sistem PayPal. PayPal memiliki biaya untuk mentransfer dana ke bank asing, mengubah, dan produk-produk keuangan baru seperti kartu kredit PayPal. Setelah menjadi terkenal melalui kemitraan dengan Ebay, semua pedagang online di Internet menerima PayPal sebagai salah satu metode pembayaran yang mereka diterima.  Biasanya Paypal digunakan untuk membayar dan mendapatkan bayaran secara online selain menggunakan kartu kredit (Credit Card)

Mekanisme pembayaran dengan paypal tergolong mudah, yaitu :
1. Mendaftar dan membuat account di website Paypal agar dapat membuat  website yang mempromosikan barang atau jasa kita .
2. Pembeli tinggal memilih barang atau jasa kemudian menekan tautan pembayaran. Mengisi dana di paypal dengan dana dari rekening, kartu kredit, atau bisa juga transfer  dari dana Paypal orang lain.
3. Account Paypal sudah bisa digunakan untuk transaksi di dunia maya. Misalkan pembelian di took online. Setelah deal dengan barang dan harganya dengan penjual, tinggal klik pembayaran dengan paypal.
4. Setelah konfirmasi maka pembeli akan menerima barang atau jasa yang telah terbayar .
5. Paypal mengurangi jumlah dana yang ada di account paypal anda untuk membayar barang tersebut.
6. Apabila saldo anda habis maka anda bisa mengisinya kembali.

Macam-macam Account PayPal Ada 3 macam account Paypal yaitu :
a. Personal :     
Buat Anda yang menggunakan Paypal untuk berbelanja online saja. Bisa untuk menerima uang atau pembayaran, tapi ada keterbatasan.
b. Premier :     
Buat Anda yang menggunakan Paypal untuk berjualan dan berbelanja online dengan nama pribadi.
c. Business :     
Buat Anda yang menggunakan Paypal untuk membuat toko online dengan menggunakan nama perusahaan Anda.

Manfaat penggunaan paypal
Paypal layak dimiliki dan digunakan oleh perorangan maupun perusahaan, dikarenakan dengan Paypal akan berpotensi meningkatkan penjualan, privasi lebih terjamin sehingga dapat mengurangi pencurian identitas, keamanan bertransaksi jelas lebih aman dibanding transaksi dengan menggunakan kartu kredit sehingga nomor bank dan kartu kredit pengguna akan terlindungi. Paypal juga meniadakan pembiyaan pembuatan account, biaya bulanan dan biaya pembatalan sehingga akan lebih hemat dan lebih murah karena terbebas dari biaya beban pengguna.

Ada 7 kekurangan PayPal yaitu :
1. PayPal adalah aturan     Saat mulai menggunakan layanan PayPal, Anda harus taat pada aturan mereka tanpa terkecuali. Bagi mereka aturan adalah aturan yang kadang dirasa merugikan bagi penggunanya.
2. Harus memiliki kartu kredit    
PayPal memerlukan kartu kredit pada saat verifikasi. Kartu kredit ini selanjutnya akan digunakan sebagai sumber dana untuk pembiayaan transaksi pembelian atau pengiriman uang.
3. Penyalahgunaan PayPal ada di mana-mana     Banyak tangan-tangan tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah menyalahgunakan akun Anda. Mereka masuk dan menghabiskan dana Anda di PayPal sesuai dengan keinginan mereka. tentu saja hal ini sangat merugikan Anda.
4. Penipuan berkedok PayPal     Email pancingan (phishing) dan email palsu merupakan hal yang mengerikan. Email-email ini tersebar kemana-mana bahkan mungkin sudah sampai ke email Anda.
5. Add fund yang ribet    
Add fund hanya bisa dilakukan dari US Bank. Proses ini tidak bisa dilakukan dari bank lokal Indonesia atau dari kartu kredit.
6. Proses withdraw yang lama     Proses withdraw memerlukan waktu yang lama (hitungan hari dan bukan detik). Jika ingin menikmati uang Anda di PayPal maka Anda perlu menunggu waktu 2 – 5 hari kerja. 
7. Tidak tahu penggunaan PayPal     Anda mungkin bingung untuk apa memiliki akun PayPal. Jika sama-sama memerlukan kartu kredit untuk berbelanja, mengapa tidak langsung saja menggunakan kartu kredit tanpa harus bersusah payah memiliki PayPal.